Kamis, 11 Agustus 2011

Tips Bloging, Menjadi penulis yang Pro

Hai Sobat Blogger, Insomnia nih saya, mau Refresh pikiran dulu, sumpek juga baca-baca e-book kalau dipaksa, oh ia, gimana pada postingan cerita kita kali ini aku ceritakan beberapa tips yang aku tahu, mungkin sobat blogger membutuhkan tips ini.

Tips Menulis

Disaat Sobat Blogger ingin membuat tulisan, rebahkan diri sejenak, dan pikirkan satu konsep yang ingin diceritakan / dibagikan. dan disaat itu juga, ketikanlah semua ide / cerita kalian, ya contohnya sepenggal kalimat pembuka post cerita kita ini, awalnyapun aku tidak tahu ingin post apa, yang ada dipikiranku hanya ingin berbagi, maka dari itu, aku tuangkan ide / cerita ku tanpa sisa :D, dan coba untuk abaikan semua hal yang menjadi patokan entah itu EYD, atau penempatan bahasa, ataupun "menarik enggaknya", pada intinya jauhkan jemari sobat blogger dari tombol backspace / delete. biarkan semuanya tertuang dulu.

Sudah ? nah setelah sudah selesai, baru deh di review, kita mulai dari tahap kecil. yaitu tahap bagaimana tulisan kita dapat dipahami oleh pembaca. entah itu penempatan bahasa, atau EYD yang memudahkan para pembaca mengerti apa yang disampaikan oleh penulis. lalu beranjak sedikit, berilah sentuhan pada tulisan Sobat blogger untuk membuat pembaca mendalami / menghanyati tulisan sobat blogger, mungkin kosa katanya yang diubah, atau pengaturan penempatan kata-kata untuk menghindari kalimat rancu / ambigu.

selamat, sampai sini sobat blogger sudah menyenangkan menjadi penulis. siapa bilang menulis itu rumit ? menyenangkan bukan :). kenalanku diforum Net Detective Indonesia, ia bernama Kiki atau biasa dikenal dengan Kyuuki, dia bekerja dibidang penerbitan. lalu akupun bertanya pada beliau, "bagaimana caranya agar tulisan kita berekspresive dan membuat pembaca tidak bosan membacanya ?" dan jawabnya oleh beliau "coba saat menulis di diamkan dulu, jangan dipublish, biarkan 3 sampai 4 hari. lalu lihat lagi, nanti kamu akan temukan perbedaan, ide, atau referensi lainnya untuk makin mempercantik tulisan kamu"

ya... benar sekali, tipsnya sangat berguna. terima kasih Ki :), saat aku menulis cerpen-cerpen yang akan dipublish di cerita kita, aku lakukan tips Kiki, dan ternyata benar, aku benahi kekurangan dan ada beberapa tambahan untuk ceritaku. mungkin dimata setiap orang akan beda penilaian ya... ada yang bilang menarik ada juga yang bilang tidak menarik. namun setidaknya dimataku sudah enak dibaca dan memang menarik :).

benarkan sobat blogger ? di praktekan deh, menulis itu menyenangkan loh :) sebuah bukti nyata, aku membuat blog cerita kita karena memang aku suka menulis :)

Tunjukan Rasa Hormatmu,

bukan maksudku untuk kurang ajar, tapi dari perjalanan Blogwalking kudapati orang-orang yang tidak bertanggung jawab, ya... saya yakin sobat blogger pun merasa kecewa bila tulisan / pengetahuan / referensinya di Bajak oleh orang lain. pada system Blog, akan mendeteksi persamaan tajuk / topik, nah bila terdeteksi, Pelaku akan di Banned oleh pihak Google, namun mirisnya, Bukan hanya Pelaku yang akan di Banned oleh  Google namun korbanpun bisa di banned oleh Google, kasihankan, sudah capek menulis dengan tulus untuk berbagi tapi di Banned hanya karena orang tak bertanggung jawab...? sebelum aku lanjuti tulisan ini, mungkin ada beberapa yang masih belum mengerti apa itu banned, banned adalah Blok Access yang diberikan sebagai sanksi terhadap orang - orang yang itu tadi TIDAK BERTANGGUNG JAWAB.

heranku, saat berpikir apa salahnya mensertakan Link yang sudah memberikan ilmu / tulisan secara cuma-cuma ? bagiku, dengan menunjukan rasa hormat terhadap para sumber akan menunjukan "keprofesionalan" para penulis. dan jangan lupa untuk izin mempublikasikannya, bisa saja ia tidak ingin dipublikasikan ditempat lain. bagaimanapun juga ia memiliki HAK untuk itu bukan ?
dan sebagai tambahan, menurutku dengan mencantumkan Link pada tulisan akan memberi sentuhan warna, jadi tidak terkesan monoton.

tidak hanya itu, sobat blogger akan membuat para penulis / para publisher merasa senang cukup dengan melakukan hal kecil, yaitu memberikan pendapat, entah itu applause, ucapan terima kasih, ataupun saran dan kritik yang membangun. karena dengan cara sobat blogger "meninggalkan jejak", para penulis atau publisher akan merasa senang walaupun sekedar ucapan terima kasih. lagi pula menyenangkan orang lain itu pahala loh, toh gratis :D lagi pula tidak capek cukup mengetikan beberapa kalimat :), kalau kata Bpk. Almarhum Gus Dur "gitu aja kok repot ?" hehehe...

Nah, kedua Tips ini sudah membuat kalian Profesional dalam menulis :) pesanku pada akhir posting.


tak ku pandang, apa & siapa yang mengajariku
ku belajar kejujuran dari seorang anak kecil
namun ku hormati siapa yang mendidikku
Cerita Kita
Ceritaku, Ceritamu & Ceritanya...


0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Junk/Spam & sara !

-No Captcha
-Komentar langsung tertera pada kolom

mohon untuk memberikan Google Plus One ( +1 ) pada postingan menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...