Kamis, 18 Agustus 2011

Peran Blogger dalam mewujudkan Komunitas ASEAN 2015

Hai, Sobat Bloger. ada kabar menggembirakan nih untuk para Blogger setanah airku, kini pemerintah telah mendukung penuh ASEAN Blogger, bersyukurlah kita (para blogger) karena diperhatikan para petinggi di Negara ini. Berikut ini kutipan orang nomor satu di Indonesia yang sebagai mana dilansir pada ASEAN Blogger.




"Dalam konteks ini, Presiden SBY menyambut baik pembentukan ASEAN Blogger Community yang menurutnya merupakan suatu gagasan inovatif. Gagasan seperti ini, menurut presiden harus diikuti berbagai gagasan lainnya di kalangan.

Presiden juga memandang bahwa keeratan kontak di antara rakyat di negeri-negeri ASEAN penting dalam dalam mengembangkan hubungan diplomatik yang kreatif.

Masalahnya bukan bagaimana kita mengembangkan, menyebarluaskan, dan melipatgandakan kontak sesama warganegara, tetapi juga bagaimana kita secara kreatif yang bermanfaat mampu meminimalkan komplikasi hubungan antar-negara dan pada saat bersamaan memberikan nilai tambah dalam dalam manfaatnya maupun kesempatan yang muncul.

Menurut presiden, ketika jutaan warganegara suatu negeri melewati batas negaranya tidak tertutup pula kemungkinan untuk munculnya masalah. 
Karena itu, presiden mendorong agar ASEAN peduli terhadap rakyat. Kita harus menjamin bahwa ASEAN mampu meningkatkan kualitas hidup sehari-hari rakyatnya. Untuk itulah, kita harus mengupayakan agar rakyat berpartisipasi di dalam mewujudkan tujuan didirikannya ASEAN serta mendapat manfaat yang telah dihasilkannya.
Keeratan hubungan sesama rakyat di negeri-negeri Asia Tenggara juga dilihat dalam konteks ASEAN Connectivity, yang menghubungkan Asia Tenggara dengan kawasan Asia Pasifik, yang pada saat bersamaan berfungsi menjadi focal point untuk konektivitas masyarakat ASEAN ke tataran global. "

Jelas kan sobat Blogger ? bahwa pemerintah sudah mendukung akan gerakan ASEAN Blogger. Jadi sudah saatnya kita menyampingkan bentuk ironisme yang terjadi, dan merubah potret kesenjangan sosialisasi antar negara ASEAN . masih terlalu jelas akan selisih yang terjadi, dimulai dari melempar tuding ke negara lain, Hingga perebutan hal yang mengedepankan egoisme. padahal secara letak masih satu rumpun. Dan maka itu berbanggalah karena telah tercipta Blogger ASEAN . Dengan Visi-Misi yang menyempurnakan hubungan para blogger ASEAN, membentuk kebersatuan, pandangan yang lebih terang, Lebih meneduhkan & Lebih menyejukkan.
Pendapat terbentuk untuk menyempurnakan kekurangan yang terjadi, bukan untuk saling menginjak, atau mematahkan asa yang tercipta.
Begitu harmoni dalam bayangku, bila kita saling menjabat tangan, merangkul bahu dan membantu persoalan yang semakin tumpang tindih. bukannya kita hanya bisa kuat, bila bersama ? apa masih kita menunggu pacuan yang lebih besar ? siapa & apa itu ? kurasa jawab dari semua tanya itu ya diri kita ini. jadi yuk, dimulai dari sekarang, dimulai dariku, darimu, dari kita, dan dari mereka. jika terlaksana, aku percaya semua akan cita & harap akan terwujud tidak lama lagi.

Jadi apa yang harus dimulai ? Just, Say Yes For ASEAN BLOGGER !

ASEAN Blogger

yang telah memberikan OPPORTUNITIES, untuk dapat mengemban ilmu dinegara lain, New Zealand offers RI scholarshipsSingapore ScholarshipSoutheast Asia Fellowship Program Fall 2011. Semua itu terwujud semata-mata untuk merangkul sesama ASEAN BLOGGER.

Nah sobat blogger adalah tempat dimana ide-ide kreatif itu bersemayam, setiap blogger memiliki ide-ide kreatifnya sendiri, dimana itu selalu berkembang setiap waktunya. dari sekian banyak ide kreatif yang dimiliki oleh para blogger itu berpotensi untuk mendukung komunitas ASEAN BLOGGER 2015. bukan sedari itu saja, bloggerpun menjadi wadah kekuatan gerak keberhasilan dari perwujudan ASEAN BlOGGER, penyampaian blogger dapat dilakukan dari 'mouth to mouth' (Offline) atau 'post to post' (Online) yang pergerakannya sangat cepat terealisasikan kepada masyarakat & Blogger.


Sebagaimana yang terkutip pada Deklarasi Pembentukan KOMUNITAS ASEAN BLOGGER

DEKLARASI PEMBENTUKAN
KOMUNITAS BLOGGER ASEAN-INDONESIA
(ASEAN BLOGGER COMMUNITY CHAPTER INDONESIA)
"Bahwa sejalan dengan perkembangan kerjasama ASEAN, khususnya pasca disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN telah berubah menjadi suatu organisasi baru dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality, menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN 2015 yang didasarkan pada tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya.
Bahwa sejalan dengan perkembangan yang terjadi, kepemilikan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ASEAN menuju dan paska Komunitas ASEAN 2015 dirasakan penting untuk mendorong partisipasi berbagai lapisan masyarakat tak terkecuali blogger Indonesia dalam proses pembangunan Komunitas ASEAN "
masih sehubungan dengan topik yang kubicarakan diatas, kita para Blogger mempunyai peranan penting untuk menunjang keberhasilan ASEAN BLOGGER, berikut ini adalah beberapa peran penting yang harus dilakukan para Blogger untuk menunjang keberhasilan ASEAN BLOGGER

  1. Memberikan kritik dan saran untuk kerancuan hubungan sosial antar negara, dan lebih mengedepankan solusi, bukan kritik-kritik pedas yang hanya menjatuhkan. seperti yang aku ucapkan tadi  "Pendapat terbentuk untuk menyempurnakan kekurangan yang terjadi, bukan untuk saling menginjak, atau mematahkan asa yang tercipta."  hal ini masih acap ditemukan blogger NATO (Not Action Talk Only)
  2. Memanfaatkan kekuatan masyarakat untuk menganalisis kemiskinan & pengangguran, dengan meninjau secara langsung faktor-faktor yang menjadi sebab dari akibat. para Blogger sudah dapat berpikir maju, dengan memanfaatkan biaya pasang iklan diblog, berdagang barang maupun jasa, ini salah satu gagasan yang dapat dijadikan solusi untuk mengentaskan kemiskinan & pengangguran.
  3. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya NARKOBA, sekarang sudah saatnya pemuda pemudi lebih candu untuk mengenal perkembangan teknologi, dan menghapus tuntas gaya pergaulan bebas, yang tentunya berdampak pada kehancuran generasi bangsa.
  4. Membentuk komunitas dalam komunitas, yang aku maksud ialah untuk mempererat hubungan antar sesama, misal dalam Komunitas ASEAN Blogger, membentuk komunitas regional, komunitas hobby, komunitas peduli lingkungan, dan komunitas budaya. aku menekankan para Blogger untuk lebih mengenalkan budaya Indonesia yang sangat didamba-dambakan negara lain. namun ironisnya kalangan pemuda-pemudi Indonesia malu untuk mengenalnya, ayolah para Blogger Indonesia, hari gini gengsi ? enggak guna kali !
  5. Peran kemanusiaan Blogger, kesukarelawanan para Blogger untuk bersedia membantu sesama dengan tulus, saling mengulurkan tangan untuk merangkul sesama. Ini tindakan kecil yang mampu menguatkan pereratan satu dengan yang lain.
  6. Dan yang terakhir, Blogger peduli lingkungan, aku bangga sudah banyak yang mengabadikan keindahan panorama Indonesia yang mendecakkan rasa kagum dan sayang sekali bukan bila itu rusak seiring penyimpangan dari perkembangan ?  dimulai dari penggalakan larangan Ilegal Logging, penanaman sejuta pohon eh maaf aku ralat, penanaman satu milyar pohon !, kita sebagai makhluk alam harus bersyukur dan berterima kasih terhadap makhluk alam lain, bukan hanya dari segi flora, faunapun berperan penting untuk menjaga keutuhan rantai kehidupan. toh sadar enggak sih Blogger ? kalau nantinya berdampak pada manusia jugaloh.
Last word's, akan kututup dengan kutipan dari Sang motivator bapak Mario Teguh.
"Anda akan mencapai apapun, bila Anda bersedia untuk melakukan apapun yang dibutuhkan untuk mencapainya"
Best Regard's


Mahardika   
  

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Junk/Spam & sara !

-No Captcha
-Komentar langsung tertera pada kolom

mohon untuk memberikan Google Plus One ( +1 ) pada postingan menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...